Waktu itu pernah dapat mata kuliah Filsafat. Kemudian di kelas dosennya nanya, “kalian yakin gak dengan kehadiran Tuhan?” 

Dapet pertanyaan model gitu, jawaban refleks dari orang “biasa” pasti yakin dong. Iyalah yakin, masa kita gak yakin sama Tuhan?

Kemudian dosen itu ngelanjutin. Dia bilang ada salah satu ayat di Alquran ((lupa surat apa)) yang artinya, “sembahlah Tuhanmu sampai engkau benar-benar yakin.” Dan dosennya kembali bertanya, “kalau kalian udah yakin, terus buat apa kalian menyembah Tuhan?” 

Langsung seisi kelas diem. Sebetulnya, dosenku minta tanggapan, tapi apa daya, gak ada yang punya argumen tentang itu. 

Aku lalu berpikir, iya juga ya, kok ayatnya bilang kayak gitu. Apa Tuhan itu cukup diyakini aja, tanpa harus disembah dan menjalankan perintah-Nya?

Sekilas tafsiran ayat Alquran itu betul kok. “sembahlah Tuhanmu sampai engkau benar-benar yakin” kalau udah yakin terus buat apa disembah. 

Kemudian, dosen pun memberikan jawaban yang benar-benar bisa diterima. Dosen itu bilang, “sekali dalam seumur hidup, pasti kalian pernah bertanya, bener gak sih Tuhan itu ada, betul gak ya, dunia ini milik Tuhan, Tuhan itu seperti apa, kita selama ini menjalankan ibadah untuk apa?” 

Dan, ya, hal kayak gitu gak bisa dipungkiri. Kita pasti pernah bertanya-tanya tentang eksistensi Tuhan. Dari mulai wujudnya sampai pertolongan-Nya. Apakah beneran adaa?? 

Dalam surat itu dijelaskan, “sembahlah Tuhanmu sampai engkau benar-benar yakin.” Jauh di lubuk hati kita, keraguan terhadap Tuhan pasti ada. Dan itu manusiawi. Jadi, pupuklah diri kita dengan tetap menyembah dan menjalankan perintah-Nya. Supaya kita dapat jawaban dari pertanyaan kita sendiri. Supaya kita tambah yakin pada eksistensi Tuhan yang sebenarnya. 

Kapan kita bisa benar-benar yakin dan mendapatkan jawaban tentang Tuhan? Ya itu ketika kita meninggal. Ketika kita bukan lagi di dunia. Dan setelah itu, biarkan Tuhan yang membuktikan kuasa-Nya.

°

Tafsiran dari sebuah ayat mungkin bisa berbeda-beda. Tapi biarkan tafsiran dari dosenku menjadi salah satunya karena menurutku, alasannya cukup logis dan mudah diterima. 

Tinggalkan komentar